Cara Menyusun Surat Lamaran Kerja, Ikuti Langkah-langkahnya !!!
Bagi pelamar pekerjaan pasti membawa surat-surat penting yang dimiliki sebagai syarat ataupun sebagai pertimbangan bagi HRD untuk menerimanya, diantara berkas-berkas tersebut diantaranya foto copy Kartu Keluarga, foto copy Ijazah pendidikan terakhir, foto copy KTP, surat lamaran kerja, CV (Curriculum Vitae), dan berkas pendukung lainnya.
Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu berkas yang penting yaitu Surat Lamaran Kerja, salah satu berkas inilah yang menjadi penentu diterima tidaknya pelamar pada suatu perusahaan.
Langkah-langkah dalam pembuatan Surat Lamaran Kerja
A. Menyantumkan data diri
Hal pertama yang harus dicantumkan didalam surat lamaran kerja yaitu data diri pribadi, pastikan untuk menulis informasi yang jelas dan mudah dipahami atau dimengerti. Tuliskan tanggal pembuatan surat lamaran kerja, dan informasi kontak pribadi yang berisi: Nama, Alamat, Nomor telpon, Email.
1. Tempat dan tanggal pembuatan surat
Tempat dan tanggal surat lamaran bisa kamu tulis di bagian pojok kanan atas.
Jombang, 1 Januari 2022
Diperhatikan pada saat penulisan nama tempat dan bulan selalu diawali dengan huruf kapital. Penulisan antara tempat dan tanggal surat juga dipisahkan oleh koma (,).
2. Alamat perusahaan yang dituju
Dibagian bawah sebelah kiri surat, ditulis nama penerima dan alamat lengkap perusahaan yang akan kita tuju. Untuk nama penerima kalau kita tidak menegetahui nama HRD-nya, kita cukup menulisnya dengan “Bapak/Ibu”.
Yth. Bapak/Ibu HRD PT Ruang Raya Indonesia
Jalan Tebet Barat Dalam Raya No.22, Jakarta Selatan
Kita haru tahu terlebih dahulu, jika surat ini ditujukan ke subjek tertentu, maka kita bisa gunakan “Yth.”. Tapi, jika ditujukan untuk perusahaan tanpa subjek tertentu, maka gunakan “Kepada”. Jadi, jangan gunakan kedua-duanya, ya. Kemudian, untuk “PT”, nggak perlu diikuti dengan tanda titik (.).
3. Salam pembuka surat
Salam pembuka ditulis dengan kalimat, “Dengan hormat”. Sementara itu, pembuka surat bisa diisi dengan kata pengantar. Umumnya, bisa jelaskan dari mana kamu mendapat informasi terkait lowongan pekerjaan tersebut dan posisi yang kamu pilih.
Dengan hormat,
Berdasarkan info lowongan pekerjaan yang disebarkan melalui pamflet, saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi sebagai akuntansi.
4. Isi surat lamaran kerja
Kemudian, di bagian isi surat, kamu bisa isi dengan data diri. Menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon/HP, e-mail, serta pendidikan terakhir. Di bagian isi, kita bisa jelaskan juga kemampuan yang kita miliki, baik itu softskill maupun hardskill. Nah, kalau kamu punya pengalaman magang, PKL, atau lainnya, bisa kamu tulis juga sebagai pertimbangan kita diterima. Namun, jika kita belum punya pengalaman, kita bisa menuliskan pengalaman organisasi yang pernah kita ikuti di sekolah maupun kuliah.
Saya yang bertanda tangan di bawah ini
nama : Putra Rahmat
tempat dan tanggal lahir : Jakarta, 25 Januari 1998
alamat : Jalan Melati No. 5, Tangerang Selatan
e-mail : putrarahmat@gmail.com
no. HP : 08125903472
Saya merupakan lulusan baru dari Sekolah Menengah Kejuruan teknik akuntansi. Di sekoah, saya aktif mengikuti organisasi di Organisasi Siswa Intra Sekolah, dan menjabat sebagai ketua OSIS. Saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kreatif, dan dapat bekerja sama dalam tim.
5. Lampiran/syarat lamaran
Di bagian lampiran atau syarat lamaran, kita bisa menulis dokumen-dokumen apa saja yang dilampirkan sebagai pendukung atau persyaratan pelamar. Biasanya dokumen-dokumen ini berupa daftar riwayat hidup (CV), fotocopy ijazah, pas foto, dan portofolio. Bahkan, kalau kamu pernah mengikuti lomba, seminar, atau pelatihan yang mendapat sertifikat, kamu bisa lampirkan fotocopy sertifikatnya juga. Itu bisa menjadi nilai tambahan buat kita.
Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan
1. pas foto,
2. fotocopy KTP,
3. daftar riwayat hidup,
4. fotocopy ijazah terakhir,
5. fotocopy transkrip nilai,
6. sertifikat keikutsertaan organisasi.
6. Penutup Surat
Di bagian penutup surat, kita bisa menjelaskan bahwa kita memiliki harapan yang besar agar diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa juga untuk mengucapkan terima kasih.
Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Saya harap, Bapak/Ibu dapat mempertimbangkannya dan memberi kesempatan agar saya dapat menjelaskan potensi saya lebih rinci di tahapan berikutnya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.
7. Tanda tangan dan nama pelamar
Untuk tanda tangan dan nama pelamar bisa kamu tulis di pojok kanan surat.
Hormat saya,
(tanda tangan)
Putra Rahmat
Itulah langkah-langkah dalam pembuatan surat lamaran kerja, semoga dapat membantu teman-teman semua dan bisa diterima di perusahaan yang dituju. Jangan pernah menyerah untuk mencoba.
Post a Comment for "Cara Menyusun Surat Lamaran Kerja, Ikuti Langkah-langkahnya !!!"