Peluang Bisnis Di Era Digital Yang Wajib Dicoba
Keberadaan internet menjadi tonggak kejayaan teknologi digital yang tak lagi menjadi pilihan tapi menjadi keharusan dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk kepentingan individu maupun bisnis. Tak bisa dihindari, jika kita membicarakan perkembangan teknologi digital, berarti kita harus bicara keberadaan internet.
Bisnis Model Di Era Digital
Yang harus diperhatikan dalam merancang bisnis model yang dapat mengikuti era digital :
1. Menemukan model bisnis yang berkelanjutan
Evolusi teknologi dapat membuat model bisnis usang, dan menyadari tren baru mungkin tidak cukup untuk mengubah cara di mana perusahaan beroperasi. Perlu dipikirkan bahwa bisnis yang dijalani mempunyai daya tahan mengikuti perubahan perubahan yang cepat.
2. Memastikan terdapat nilai bisnis di dalamnya
Untuk mendapatkan nilai dalam ekosistem yang tepat. Produk atau jasa dibuat bukan untuk sekedar eksistensi belaka tanpa menghasilkan nilai keuntungan bisnis.
3. Melihat peluang diluar saluran komunikasi standard
Di era digital tercipta banyak jenis saluran komunikasi. News website, webblog, video streaming, mailling list, digital publishing hingga social media. Di dalamnya terdapat hal-hal baru yang menciptakan peluang-peluang bisnis baru pula.
4. Menyampur atau menggabungkan bisnis model
Beberapa cara berbisnis dapat dicampurkan. Faktor teknologi yang berkembang tetap harus disatukan dengan faktor-faktor kunci dari karakter bisnis yang dijalankan. Seberapapun canggihnya teknologi digital yang dijalankan, jika pengetahuan dasar tentang bisnis yang dijalankan tidak dipahami, justru akan membuahkan kegagalan.
5. Selalu memperhatikan End User
Jeli terhadap keinginan konsumen adalah kuncinya. Selalu berikan nilai lebih kepada mereka. Sajikan keuntungan-keuntungan baru dari produk maupun jasa yang dihasilkan. Konsumen tidak akan setia terhadap produk jika tidak ada nilai lebih baru yang dapat mereka manfaatkan.
6. Hubungan yang permanen
Publik selalu terhubung dan memiliki akses cepat ke produk dan layanan yang disediakan perusahaan, termasuk pesaing bisnis. Ini juga berarti bahwa, dengan beberapa batasan, kita dapat selalu mengetahui di mana mereka berada. Hal ini mempermudah koordinasikan pasokan dan permintaan dengan cara yang tak terduga.
7. Pengelolaan Big Data
Dengan mengelola big data secara efisien akan membuka kemungkinan memprediksi perilaku orang dan bermanfaat untuk pengembangan model bisnis baru, karena perusahaan mampu mengetahui dan memprediksi kebiasaan serta preferensi pasar berkat analisis lengkap perilaku digital.
BISNIS INFORMASI DI ERA DIGITAL
Semua produk digital kini terdistribusi dan tersedia melalui jaringan internet. Musik, film/video, software, buku, majalah, radio semua dapat dinikmati lewat saluran internet. Begitu pula Aktivitas offline seperti, belanja, pemesanan tiket perjalanan, survey lokasi travelling dll.
Salah satu hal paling menonjol dari keberadaan internet adalah eksistensi website online shopping dan website yang kental dengan kandungan penyampaian informasi, baik dalam bentuk berita, foto, video maupun audio, atau banyak yang menyebutnya sebagai online media.
Di luar website online shopping yang jelas-jelas melakukan aktivitas jual-beli, yang menarik dari keberadaan website online media adalah keuntungan dalam angka maupun sekedar citra, tergantung dari obyektif setiap pengelola atau pemiliknya.
Bagaimana metode bisnis online yang dapat membuahkan hasil yang menguntungkan? Berikut beberapa metode yang dapat dicoba :
1. Menggunakan Google AdSense
Platform iklan Google untuk pengelola website, AdSense, menunjukkan iklan yang sangat relevan dengan konten website dan membayar dengan prosentase dari pendapatan setiap kali mereka mengklik. Tidak perlu berurusan dengan pengiklan secara langsung atau memburu tagihan untuk pembayaran. Google menangani segala sesuatu dan Anda menerima cek atau transfer langsung setiap bulan untuk pendapatan yang dihasilkan dari website.
2. Menggunakan Infolinks
Infolinks merupakan salah satu penyedia layanan In-text advertising yang berdiri sejak tahun 2007, yang memungkinkan pemilik Konten Web memperoleh manfaat dalam bentuk pendapatan iklan tanpa adanya risiko. Selain menyediakan varian produk yang beragam, seperti: infold, inscreen, intext, intag, dan inframe, Infolinks juga memberikan pembagian hasil yang kompetitif. Dengan memasukan script, Infolinks mendeteksi halaman
situs dengan menggunakan sistem algoritma, lalu mengubah kata kunci yang dipilih secara acak.
3. Membuat & Menjual Produk Digital Sendiri
Menciptakan produk Anda sendiri memungkinkan Anda untuk memberikan sesuatu yang sangat spesifik bagi pengunjung web. Bila Anda menjual produk Anda sendiri, Anda harus menangani layanan pelanggan termasuk setiap masalah yang muncul. Anda bisa menjual ebook, e-magazine dll. yang merupakan produk pengembangan dari keberadaan website.
4. Menjual Space Iklan
Setelah website Anda memiliki traffic dan pengunjung yang signifikan, hal ini menciptakan kemampuan untuk menjual ruang iklan langsung di website Anda. Jangan berharap tawaran ini bergulir di pada Hari 1. Mungkin butuh beberapa bulan tetapi pastikan untuk menyertakan rincian tentang bagaimana Anda harus dihubungi oleh pengiklan potensial.
5. Kemitraan YouTube
Jika memiliki situs web yang sukses, Anda mungkin dapat menggunakan lalu lintasnya untuk membuat saluran YouTube yang sukses, dan menghasilkan uang langsung melalui program kemitraan. Video Anda akan dipasangi iklan oleh Youtube dan Anda mendapatkan bagi hasil dari penayangan iklan tersebut. Jangan lupa, Anda juga harus sudah mendaftarkan diri di Google AdSense.
6. Artikel Bersponsor
Artikel yang bersponsor adalah cara lain untuk menghasilkan pendapatan dengan memanfaatkan popularitas website. Seringkali pengiklan membayar sejumlah besar uang untuk blogger untuk menulis ulasan tentang produk lalu ditayangkan dalam website Anda. Pengunjung melihatnya lebih dari iklan langsung.
7. Premium Content & Membership Subscription
Jika website Anda berhasil mendapatkan pengunjung setia dalam jumlah besar, Anda dapat mulai untuk membuat konten premium ataupun membuka pendaftaran sebagai member, yang berarti bahwa pembaca akan harus membayar untuk mengaksesnya.
8. Donasi
Hal ini banyak dipraktikan pada situs-situs penyedia layanan gratis berupa template, e-book ataupun tutorial. Selain itu situs-situs aksi sosial, gerakan kemanusiaan, dan juga politik, juga sering banyak melakukan-nya. Beberapa situs besar dengan konten mengagumkan mengandalkan donasi dan itu menjadi cara yang kuat untuk menghasilkan uang dari sebuah situs web.
9. Afiliasi Pemasaran
Afiliasi pemasaran adalah praktek yang sangat populer di Internet. Di bawah sistem ini Anda memiliki seorang pedagang yang bersedia untuk membiarkan orang lain (afiliasi) menjual langsung atau tidak langsung produk dan jasa, dengan imbalan komisi. Kadang-kadang jenis periklanan juga disebut CPA (cost per action/biaya per tindakan) atau CPL (cost per lead/biaya per lead). Metode ini dapat mengirim pelanggan potensial ke pedagang menggunakan beberapa alat bantu, dari banner ke teks link dan review produk.
Itulah beberapa peluang bisnis di era digital yang dapat wajib dicoba pada zaman kemajuan teknologi saat ini.
Post a Comment for "Peluang Bisnis Di Era Digital Yang Wajib Dicoba"